03/03/17

Gejala Penyakit Tipes Yang Harus Anda Waspadai

Gejala Penyakit Tipes - Untuk mencegah kondisi yang lebih parah dari suatu penyakit, Anda harus tahu dulu apa yang menjadi tanda dan gejalanya.

Nah, di sini saya akan memberikan informasi tentang gejala penyakit tipes pada anak-anak, balita, maupun orang dewasa. Semoga bisa bermanfaat, ya :)

Sekilas Tentang Penyakit Tipes


Gejala Penyakit Tipes
Penyakit tipes (tifus) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini umumnya masuk ke dalam tubuh penderita melalui makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi.

Karenanya, penyakit tipes dan kebersihan memiliki kaitan yang sangat erat. Nah, salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengantisipasi penyakit ini adalah dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun, baik sebelum maupun sesudah melakukan sesuatu, terlebih saat hendak makan.

Penyakit tipes ini tidak hanya terjadi pada orang dewasa, tapi juga bisa menyerang anak-anak usia sekolah, balita, bahkan bayi usia di bawah 1 tahun.

Nah, agar tipes yang Anda atau anak Anda derita tidak semakin parah dan memicu kondisi yang tidak di inginkan, penanganan sedini mungkin harus dilakukan.

Gejala Penyakit Tipes Yang Harus Anda Waspadai


Sangat penting sekali bagi Anda untuk mengetahui gejala penyakit tipes, terlebih para orang tua yang memiliki anak usia sekolah dan balita. Mengingat anak-anak dan balita lebih rentan untuk terserang penyakit tipes ini lantaran sistem kekebalan tubuh mereka yang masih lemah.

Gejala penyakit tipes bisa muncul secara tiba-tiba, bisa juga datang secara bertahap dalam kurun waktu beberapa minggu setelah terinfeksi bakteri.

Berikut ini adalah beberapa gejala tipes yang harus Anda waspadai kehadirannya, baik pada anak-anak maupun orang dewasa.

Gejala Penyakit Tipes

Gejala Penyakit Tipes Pada Anak-Anak


  • Demam tinggi, bahkan bisa mencapai 40°C
  • Demam umumnya semakin memburuk saat malam hari
  • Mual dan muntah
  • Tidak nafsu makan
  • Perut kembung
  • Terjadi penurunan berat badan
  • Sakit kepala, sehingga anak menjadi lebih rewel dari biasanya. Pada kasus yang berat, anak dapat mengalami penurunan kesadaran, kejang, dan ikterus
  • Sakit perut dan bisa disertai dengan diare
  • Nyeri tenggorokan
  • Lidah memutih, tampak seperti kotor dan berselaput di bagian tengah sementara bagian tepi dan ujung lidah masih tampak merah
  • Merasa lemah, lelah, dan tubuh pegal-pegal
  • Pembesaran hati dan limfa yang membuat perut anak terlihat lebih buncit
  • Sembelit
  • Ruam berupa bintik-bintik merah muda kecil

Pada bayi, gejala tipes lebih sulit dideteksi karena bayi hanya dapat menunjukkan tangisan dan rewelan akibat perasaan tidak nyaman yang ditimbulkan oleh penyakit tipes.

Gejala Penyakit Tipes Pada Orang Dewasa


Gejala tipes yang muncul pada orang dewasa umumnya sama dengan gejala tipes yang terjadi pada anak-anak.

Saat Anda mendapati salah satu atau beberapa dari gejala tipes di atas, sebaiknya Anda segera melakukan pemeriksaan (tes darah) untuk memastikan apakah Anda positif tipes atau tidak.

Pengobatan sebaiknya segera dilakukan sebelum muncul komplikasi, seperti perforasi usus yang dapat memicu terjadinya peritonitis dan perdarahan di usus yang bisa mengancam nyawa.

Demikian informasi mengenai gejala penyakit tipes yang bisa saya sampaikan. Semoga artikel kesehatan di atas bisa berguna dan bermanfaat untuk membantu mencegah kondisi yang lebih parah akibat penyakit tipes.

Bagi Anda yang membutuhkan solusi pengobatan tipes secara alami, silakan kunjungi artikel berikut ini:



Gejala Penyakit Tipes Yang Harus Anda Waspadai

0 komentar:

Poskan Komentar